Jadwal servis apakah = jadwal ganti oli??? (studi kasus Honda revo abs)

Sesuai dengan jadwal servis dibuku manual pada hari kamis tgl 9 Mei saya mampir ke Ahass 9492 cahaya motor srono. Karena memang sedang ada acara dinas lapangan maka saya ada waktu untuk melakukan servis rutin. Meski sebenarnya odometer masih menunjukkan km 15.5xx tapi saya segera menservis karena terasa ada gejala komstir oblak yang membuat saya mempercepat masa servis sekitar 500an km.

nota servis

Singkat cerita saat akan membayar oleh mekanik AHASS Tersebut diberikan sebuah setiker untuk mengingatkan waktu “jatoh tempo” servis berikutnya. Yang saya heran kok disitu tertera 18500km berarti Cuma 3000 km dong, bukanya oli mpx umurnya 4000km dan servis berkala jadwalnya sesuai dengan masa ganti oli tersebut?

Nah sang kepala bengkel juga menyatakan bahwa kenapa kok 3000km karena menjaga supaya kalau ada komponen-komponen yang kendor karena masa pakai perlu disetel jadi 3000km dirasa pas. Dan saya juga sempat menanyakan dengan oli federal yang umurnya 2000km sebagai pembanding kalau umur oli 2000km maka jadwal servis juga 2000km. Sang kepala bengkel menjawab justru itu makanya diambil jalan tengah dengan 3000km. Bisa diitung tuh selisih biaya maintenance selama setahun, lumayan buat PNS kayak saya ini hehehe.  Jadi servis itu ngikuti umur oli atau sebaliknya ? atau punya jadwal sendiri misal servis berkala setiap 4000km tapi ganti oli tiap 3000 km? intinya gimana mencari yang optimal, kantong gak jebol, mesin juga gak jebol hehehe

stiker pemberitauan servis berikutnya

Gimana ini Bapak ATPM Honda??? kalau baca stikernya sih seneng ya, asal gak dompet sekarat keseringan ganti oli plus servis xixixi :p

Tokek..3000km tokekkkk 4000km tokekkkk dompet jebollll tokekkk …. mesin jebollll

tokek usil :p

lohh!! Ohh ternyata suara bandul kunci tokek saya :mrgreen:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di otomotif roda 2. Tandai permalink.

7 Balasan ke Jadwal servis apakah = jadwal ganti oli??? (studi kasus Honda revo abs)

  1. Taufik berkata:

    Kalo saya biasanya ngikuti petunjuk buku service saja mas, karena klausul garansi itu kan dari buku bukan dari tempelan stiker, cmiiw

  2. atlet berkata:

    wah terima kasih kunjunganya :D. Ok mas trma kasih pencerahanya. iya kalau g ngikuti buku kan kacau terus jadwal servis kedepanya, g sesuai lg dgn jdwal pd bukuservice.

  3. Enov berkata:

    kalau saya tergantung pemakaian, untuk daerah yg tidak macet&lalulintas relatif lancar sesuai dgn buku manual bolehlah. Tapi klo keseringan macet&apalagi daerah kita memiliki temperatur tinggi serta lembab, jadwal penggantian lebih diperpendek. Sebagai contoh : pemakaian di daerah semarang, tentu berbeda dgn di salatiga yg hawanya lbh sejuk & lalulintas msh relatif lancar.

  4. Ridwan berkata:

    Saya mau tanya,,,klo motor saya kan cuma dipakai dekat2,,cuma jarak kurg lebih 10km per hari ajj,,saya agak bingung klo untuk ganti oli,,,apa ikut service berkala,,pa beda lg ya??motor saya honda vario techno,,tp sbelum jangka service,,sudah ada yg gga enak dipke’a,,..gmna ya bos??km saya skrg bru mnunjukan 3.xxx 8 bulan berjalan,,bls,,thx

  5. Ridwan berkata:

    Saya mau tanya,,,klo motor saya kan cuma dipakai dekat2,,cuma jarak kurg lebih 10km per hari ajj,,saya agak bingung klo untuk ganti oli,,,apa ikut service berkala,,pa beda lg ya??motor saya honda vario techno,,tp sbelum jangka service,,sudah ada yg gga enak dipke’a,,..gmna ya bos??km saya skrg bru mnunjukan 3.xxx 8 bulan berjalan,,bls,,tx

  6. yuyun berkata:

    kilometer oli mesin sy udh 5651,trus ap hrus di gnti lg?

  7. alifullohazhar berkata:

    @all maaf blognya ditinggal nganggur udah setahun hehe
    @ enov : terima kasih atas kunjungannya bro. Sip sarannya, saya juga begitu kok, kalau habis turing jauh paling gak 300-an km biasanya jadwal penggantian saya separuh dari waktu pemakaian normal. jadi memang tergantung kondisi.
    @ Ridwan : kalau honda biasanya jadwal penggantian 500km, 2000km, trus 4000km. kalau memang sudah terasa kurang enak bisa saja diservis sebelum mencapai 4000 mas. tapi kalau motor jarang dipakai lihat juga batassan waktunya meski belum mencapai km penggantian tapi kalau sudah melampaui batas waktunya, biasanya 2 bln, lebih baik d ganti saja olinya.
    @yuyun
    sepedanya apa mbak/bu? kalau honda km 4000 biasanya harus diservis, apakah pada saat km 4000 sudah diservis? kalau belum segera diservis dan ganti oli, kalau sudah berarti tunggu sampai km 8000.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s